NIC atau LAN Card

NIC (Network interface card) adalah kartu yang ditanam pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan. Kartu ini biasa dikenal dengan nama LAN Card. Beberapa komputer desktop yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu ini. Saat kita membeli komputer, kita bisa menanyakan penjualnya apakah pada komputer sudah dipasangkan LAN Card. Jika belum kita bisa meminta penjualnya untuk memasangkan, atau kita bisa membelinya dan memasangnya sendiri. Ada banyak macam LAN Card. Ada tiga hal yang harus kita perhatikan dari suatu LAN Card tipe kartu, jenis protokol dan tipe kabel yang didukungnya.

Ada dua macam tipe kartu, yaitu PCI dan ISA. Sebagai sedikit penjelasan, pada komputer ada beberapa slot yang disebut expansion slot. Slot-slot ini saat kita membeli komputer sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer agar kita bisa meningkatkan kemampuan komputer Anda dengan menambahkan beberapa kartu misalnya Sound Card , VGA Card, SCSI Card , atau LAN Card.

Ada dua tipe slot yang banyak dijumpai pada komputer-komputer yang beredar di pasaran, yaitu slot PCI dan slot ISA. Jika Anda membuka kotak (casing) komputer kita, di bagian belakang Anda bisa melihat ada dua deret slot. Slot PCI biasanya adalah yang berwarna putih, slot ini lebih pendek dibandingkan slot ISA. Slot PCI mendukung kecepatan I/O (input/output) yang lebih tinggi. Di pasaran, biasanya harga kartu berbasis PCI lebih mahal. LAN Card Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. LAN Card dengan media jaringan yang spesifik (Media Specific NIC) yang membedakan LAN Card menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
  2. LAN Card dengan arsitektur jaringan yang spesifik (Architecture Specific NIC) yang membedakan LAN Card menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.

Tugas LAN Card ini adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan antara lain adalah kabel UTP (Cat5), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

Sumber : here and here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s