Repeater

Repeater adalah sebuah device yang meregenerasi/menghasilkan kembali sinyal yang ditransmisikan pada kabel. Repeater mengijinkan sinyal untuk mengalir diluar batas keterbatasan panjang kabel. Sebuah repeater tidak melakukan translasi atau filterisasi paket.

Repeater mempunyai beberapa karakteristik yaitu digunakan untuk meregenerasi sinyal baseband yang ada, digunakan  terutama pada topologi bus koaksial (linear) segmen yang dihubungkan oleh sebuah repeater harus menggunakan metode media access control (MAC) yang sama (misalnya, sebuah repeater tidak bisa melewatkan traffic antara ethernet dan token ring), repeater bisa melewatkan traffic antara beberapa media yang berbeda (misalnya, coax ke fiber – optic) jika interface yang sesuai tersedia repeater tidak melakukan  akselerasi atau mengubah sinyal, ia hanya meregenerasinya saja, repeater tidak melalukan filter packet atau batasan kongesti/kemacetan,  repeater akan melewatkan paket broadcast, repeater beroperasi di physical layer pada model OSI. F

Fungsi dasar dari repeater (regenerasi sinyal) bisa dilakukan oleh device-device penghubung (misalnya hub atau bridge). Karena repeater tidak melakukan apa-apa terhadap filterisasi atau pembatasan traffic, ia seharusnya dilihat terutama sebagai penghubung workstasion yang jauh, tidak sebagai penambah workstasion tambahan. Dengan kata lain repeater seharusnya digunakan untuk menambahkan jarak dari network bukan kepadatannya.

Pada jaringan wireles, repeater di letakkan pada gedung-gedung yang tinggi, menara pemancar atau di puncak gunung. Hal ini bertujuan agar sinyal yang diterima atau dipancarkan dapat diterima dengan baik. Dengan adanya repeater, jarak gelombang yang dapat ditempuh oleh jaringan wireless juga menjadi semakin jauh.

Repeater merupakan alat kedua kalau sudah banyak Client yang mau bergabung dengan kita. Agar tidak kecewakan Client, kita harus memiliki banyak pemancar (Repeater)  dan Client lebih senang apabila dimanapun berada mereka masih bisa akses Internet dari kita. Banyak keuntungan kalau kita memperbanyak Repeater tersebut.

Sumber : here and here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s